Brown Gas – HHO (001)

Brown Gas!

Ingin nambahin horse power mobil anda ? brown gas! adalah salah satu alternatif yang bisa digunakan, teknologi sederhana ini sudah ditemukan sejak sebelum perang dunia I, hanya jsaja peng aplikasiannya terbatas pada individual semata, nah, buat teman-teman yang ingin pasang sistem brown gas supaya mobil kita semakin :

  1. Irit!
  2. Menaikkan horse power!
  3. Mesin jadi lebi awet karena pembakaran jadi ‘advance’.

Nah, yang pertama harus dimengerti, injection ‘brown gas’ tidak seperti ‘water injection’. Brown gas akan memberikan hasil terbaik bila di injection-kan pada posisi ‘air intake’ . bukan pada ‘vacuum intake’.

About these ads

69 thoughts on “Brown Gas – HHO (001)

  1. Mudah banget ko, HHO alias 2H2 + 1O2 adalah hasil dari ekstrasi H2O (air), kemudian gas ini di alirkan ke jalur “air intake” dari kendaraan kita. Penambahan gas HHO yang mudah terbakar ini akan membuat penggunaan BBM kita jadi irit dan memberikan tambahan tosi pada power kendaraan karena energi yang di hasilkan dari ledakkan HHO ini more better than O2 yang terbakar :-)
    Begitu mas,
    Sementar ini project pembuatan HHO masih dalam proses assembly, kalau yang sudah aku applikasikan, “water injection” di mercy tua ogut man :-) memang lebih irit dan lebih kenceng larinya mobil tua aku itu sekarang.
    Kalau dulu (saat harga BBM Rp. 4500/ltr) perjalanan kota serang – Kotabumi butuh Rp. 200.000 untuk beli BBM, sekarang setelah di pasang “water injection” dan setelah BBM naik jadi Rp. 6000/ltr, perjalanan serang – kotabumi hanya butuh Rp. 150.000 !
    Irit kaaaaaaaaaaan ???? :-) hidup “water injection” !!!!

  2. Apa bener proses pembuatan hho hanya dengan air destilasi dan soda kue doang?terus pakai catalisator dari bahan stailess steel dengan power 12 volt dc?terus bagaimana mendapatkan info lebih lanjut for aplikasi k mobil/motor?

  3. Apa bener proses pembuatan hho hanya dengan air destilasi dan soda kue doang?terus pakai catalisator dari bahan stailess steel dengan power 12 volt dc?terus bagaimana mendapatkan info lebih lanjut for aplikasi k mobil/motor?
    Dimana mencari katup searah atau check valve dan relive valve yang dapat di atur?
    Nanti biar dipasangin ke tabung hhonya ,agar tidak meledak dan boros air dan arus dari batere apabila pada posisi mesin idle,sorry rada panjang ,bos!

  4. sebenarnya barang-barang seperti sudah ada (instrument control unitnya), untuk mengatur kapan air harus di tambah, untuk menjaga agar tiap pasangan anoda+katoda hanya mendapatkan 2.3 ampere tidak lebih untuk mengontrol heat, kemudian ada di pasang juga relieve valve untuk menjaga pressure yang di release ke bubbler dan lain-lain,….
    anda bisa beli di : (misal)
    http://www.water4gas.com atau website sejenis.

    kalau yang saya lakukan disini adalah merekam proses pembuatan fuel cell dengan bahan-bahan sederhana/bekas dan berusaha membangun interlock system sendiri yang murah dan tepat guna sehingga bisa di tiru oleh orang lain. oleh karena itu, saya posting kan kegiatan pembuatan secara narasi tidak langsung lengkap. pada saatnya nanti bila semua selesai, pasti akan di posting kan semua disini. begitu mas :-)

  5. Good job mas surya, barusan saya berselancar ke sana :-)
    Keep it open and share so anyone can imitate like u do :D

    Saya sekarang sedang gak sempat meneruskan pembuatan fuel cell HHO karena load pekerjaan di project sedang tinggi-tinggi nya, masa commissioning seperti ini benar-benar menguras stamina dan pikiran :D

    Salam ‘free energy alternative! for everyone!’

  6. Bravo mas surya, saya terinspirasi menyempurnakan HHO generator yang sedang saya buat, setelah melihat percobaannya dan dari Jenis dan bahan yang bermacam-macam, sampai rangkaian MAP sensor yang sudah dibuat. Mungkin dalam waktu dekat saya akan fokus ke rangkaian MAP sensor yang sudah di share. Salam brown energy

  7. Mas Agus, kalau rancangan mas surya sudah disempurnakan, sekalian di share yah :D
    Jadi kan ntar saya bisa ikutan bikin yang sudah up to date, dan kalau pas ada waktu banyak *jadi pengin juga* memodifikasi nya supaya lebih tockcher! :D
    Salam Green energy!

  8. Waduw, bikin cuman atu mas, untuk percobaan aja di kendaraan tua ogut :D
    Bikinnya mudah kok kang, tinggal di ubet-ubet di baut-baut, jadi nde :) trus pasang, lalu ngaciiiiiiirrrr,… boilnya :D

  9. Wallah…. kok masih pakai katalis untuk memproduksi hho/brow gas? Itu bisa merusak mesin. Sekarang saya sudah membuat alat yg bisa multi, nisa di pakai memproduksi hho dan bisa memproduksi alkohol injection. Sudah lupakan kalau membuat alat hho masih pakai katalis, mesin yg terdiri dari laumunium bisa rusak berat dan korosif akibat dari uap katalis tersebut. tel 02191499472 / 021 91303345 dengan aditya

  10. saya jadi tertarik dengan system hho sebagai penghemat bbm , system ini apakah bisa diterapkan di mesin diesel genset yang menggunakan turbo dan intercooler, sendainya bisa resikonya apa ya kira-kira , apakah tidak meledak jika seandainya intake manipol ada percikan api

  11. mas,maaf sblmnya saya mo nanya efek berkepanjangan dari gas HHO itu sendiri apa? jika digunakn di motor kita?. dan efek jangka pendek nya apa??????????
    makasih sebelumnya…….

  12. good, yang mas bikin juga sudah ogut coba di kota serang, pulse nya cukup bagus, tapi rasanya configurasi di coil dengan 100 putaran dengan tembaga ukuran 22 square weigh gate dengan core 3/8 frite, rasanya kurang pas mas :)
    coba di otak atik dikit, ntar pasti bisa lihat hasilnya ternyata bisa lebih di maksimalkan.

  13. salam kenal semuanya, saya juga udah buat HHO, dan saya aplikasikan pada hyundai accent thn 2000. hasilnya cukup ampuh utk menambah power. pakai air aqua destilata (yg sering dikenal dgn air akki) tanpa tambahan soda kue juga joss kok, yg penting jarak plat stainless nya harus rapat (0,2 mm, setebal dobel tape warna hitam) saya menggunakan penggaris 60 cm yg saya tekuk U (-) dan ditengahnya (+) saya kasih penggaris ukuran 30 cm. kl pake air saja warna akan berubah kehijauan (ampere 2 A), kalo ditambah soda kue (dikit aja seperempat sendok teh) akan berubah menjadi coklat (ampere akan besar 10 A). saya menggunakan wadah paralon tebal 2 dimm sepanjang 40 cm. kalo mau sharing di YM saya padova_3157. mungkin kita bisa berbagi ilmu.

  14. pure water memang bisa, tapi nilai konductivity nya rendah, makanya dipasang rapat (0.2 mm) hmmm, sangat rigid tuh :)
    yang bagus dipasang di rentang 3 – 5 mm antara electrode + & -.
    ogut sarankan tetap pake KOH ato pun NAOH, tapi dengan volumen yang kecil (secukupnya).
    masalah terpenting dari elektrolisis ini adalah penggunaan energi listrik yang sangat boros, untuk bisa optimal, dikarenakan supply dari accu mobil kita sebesar 12 v, maka pasang minimal 3 fuel cell di pasang bersama sama. pemasangan triple tersebut akan mengurangi loss energy hingga 70%. dan hasil dari H2 + 1/2 O2 akan didapatkan triple jumlahnya :)

  15. maksud saya 0,2 cm or 2 mm maaf salah satuan :D, terus jika dipasang 3 cell, cara pasangnya seri atau paralel, sebaiknya idealnya berapa ampere sih, saya juga bingung sendiri. terima kasih atas pencerahannya.

  16. hehehe, salah satuan bisa fatal akibatnya :)
    pemasangan secara seri mas supaya power terdistribusi.
    volt optimum adalah 1.23 volt untuk tiap fuel cell (artinya, jika di battray 12 v, maka di fuel cell harus 10.8 volt, tidak boleh kurang) kelebihan dari volt, akan berakibat produksi kalor yang berlebihan (electrical lossess))
    Nah, besar kecil nya volt ini bisa di atur dengan besar kecil nya KOH ato NaOH yang di campurkan.
    Note: mulai lah dengan water pure tanpa additive, kemudian di tambahkan katalis sedikit demi sedikit dengan memonitor volt yang terjadi :)

    *selamat mencoba*

  17. alow kk, saya juga udah buat ni [ada di blogku] tapi klo ga dikasi NaOH maka gas nya terlalu sedikit.. tanya :

    1. apakah NaOH [soda api] berbahaya bagi mesin ?
    2. gimana skema PWM yg bener & awet ? gw dah nyerah bikin PWM karena kebakar melulu.. :(

    3. gmn bikin perangkap air / watertrap supaya air ga masuk ke mesin cuma gasnya saja ? trim’s :D

  18. Okay, akan saya coba untuk ngejawab pertanyaanya.

    1. Apakah NaOH berbahaya untuk mesin ?
    NaOH adalah katalis dalam proses elektrolisa (penambahan NaOH ini hanya untuk menambah nilai Conductivity pada demin water). Pada prosesnya, NaOH tidak ikut tervapor, yang keluar hanya brown gas saja (OH- & 1/2 O2) plus senyawa udara (apabila pada fuel cell nya di beri lubang breathing). Oleh karena itu, apabila volum demin water sudah mulai berkurang, ampere/energi yang terserap oleh fuel cell jadi naik dikarenakan prosentase NaOH terhadap demin jadi naik.

    2. Skema PWM ?
    Sebenarnya banyak terdapat di internet, tapi apabila diperlukan, saya akan postingkan di postingan berikutnya.

    3. Diffuse water (water trap), supaya air tidak masuk ke dalam intake mesin ?
    Caranya mudah saja, sebelum NRV, pasang fasilitas anti slosh (atau pasang di outlet water trap) di selang yang akan ke intake mesin.

    Demikian, semoga bermanfaat.

  19. sebenarnya, coba dipikirkan, kenapa harus pakai PWM ??? padahal nilai volt, ampere & ohm di sistem mobil nilai flutuaktif nya tidak tinggi ?
    kalau melihat applikasinya, penggunaan PWM lebih ke arah penggunaan volt kecil, hambatan kecil dan di dapat ampere rata-rata di 4-5 ampere :)
    kalau kita cegat dengan metode sederhana, kita juga bisa pakai resistor nikelin 30 A ajustable, dengan 12 volt, hambatan 2.5 – 3 ohm, akan kita dapatkan 4.8 – 5.5 A tidak lebih :) murah dan soluble, hehehe, iya gak ?

  20. ^resistor nikelin 30A adj. cari dimana kk ? pake resistor bukannya nanti kebuang jadi panas ? aku buat pasang dimotor seh..maunya arus dibatasi sekitar 2 A saja tapi gatau caranya.. kemarin udah coba pake lampu 12V 5w x 3 paralel akhirnya kebakar juga lampunya..mungkin karena pas gw gas ampernya gede..

  21. di toko electric, btw, pwm punya kamu make mofset ??? ganti pake yang punya s meyer aja, yang input nya dari 12 v dc, bukan yang dari alternator.

  22. bro, gue mau tanya nih, dihyundai accent emangnya ada sensor utk pengaturan udara ya? kenapa hyundai ku setelah kupasang hho kok jd tambah boros ya, tarikan emang tambah enak, di knalpot keluar airnya. atau hho yg tjd dianggap oksigen tambahan ya, shg sensor ECU nya bekerja utk mengeluarkan bensin tambah banyak, mohon pencerahannya.

  23. oya yg mau bikin PWM sebetulnya, tidak perlu kok, spt bro go2alam katakan, dibuat 3 cell aja diseri, pasti ampere akan kecil dan gas yg dihasilkan banyak, punyaku seperti itu juga kok.

  24. :)
    saya setuju dengan mas rudy, ampere yg besar akhirnya ter distribusi ke semua fuel cell yg di hubungan seri. dengan mengontrol nilai conductivity dengan koh/naoh plus installasi seri (lebih dari 1 cell) maka over heated bisa di atasi dan lossing power pun bisa di eliminir :)

  25. sipp bro. tapi yg jd masalah kok iritnya belum kelihatan ya, padahal gas yg dihasilkan banyak bgt lho, kalo di taruh dibotol yg ada airnya kayak gelembungnya oksigen makernya akuarium lho. mohon pencerahannya bro, atau aku yg salah masangnya ya. sekedar info aku pasang di saluran intakenya. mohon pencerahannya bro.

  26. gw dah buat pake pipa stainless tapi koq ga konek ya padahal udah ga pake catalyst cuma pake air bekas ac. dulu pas pertama sempet konek tapi lama2 jadi ga nyambung kyk ada yg ngehalangin.. bingung g mungkin SS304 gw korosi kali ya ? :(

  27. Untuk Mas Rudy, fuel cell HHO nya di kasih breathing ato tidak ??? kalau di kasih breathing, coba cek pada saat mesin hidup, HHO hidup, breathing nya di tutup dulu, pada saat itu akan terlihat volume sebenarnya produksi OH- dari fuel cell mas Rudy. Kalau masalah irit tidaknya, berdasarkan pengalaman, apabila fuelcell kita sudah running bagus, perlu dilakukan penyesuaian pada carburator (sedikit di cekik) supaya irit nya benar-benar terasa abizzz, jangan takut nyekek carburator, karena ledakan OH- bisa mengejar kekurangan premium yang di supply oleh carbu.

  28. Untuk Mas Kiwil,
    SS 304 semestinya tahan korosi apalagi enviroment nya hanya air demin, ini dikarenakan SS 304 hanya mengandung Fe 0.08%, kalau mau yang lebih bagus gunakan SS 316L karena kandungan Fe hanya 0.03% dan ada tambahan Ni nya :)
    Katoda & Aoda yang dibikin dari SS 304 sudah cukup bagus, kalau media nya hanya air demin saja tanpa katalis, maka nilai conductivity nya rendah, ampere pasti kecil dan produksi OH- nya akan lamban. Oleh karena itu tabahkan katalis sedikit demi sedikit sambil memonitor ampere & volt yag terjadi pada katoda/anoda.

  29. alo kk, klo mau buat yg hanya pake air murni tanpa katalis bisa ga ? gimana cara ya ? klo alat yg g buat kudu pake katalis biar gasnya keluar klo ga cuma sangat sedikit gasnya bahkan ga ada cuma keliatan gelembung2 kecil dikit doang ga bisa bikin gas.. :)

    thank’s

  30. hehehe, produksi OH- pada HHO fuel cell sebenarnya proses elektrolisis dan sangat dipengaruhi oleh medan magnit statis. proses elektrolisis ini kan loncatan2 elektron dari satu kutub ke kutub yang lainya sebagai pasangan nya.
    jika hanya menggunakan air saja, maka akan lama produksinya, karena air murni mempunyai nilai conductivity yang rendah, makanya dibantu dengan katalis supaya naik (terlalu tinggi katalis akan menyebabkan nilai conductivity nya tinggi juga dan akan menyedot ampere sangat besar).

    mungkin dengan bila mau pakai air saja tanpa katalis, perbanyak cell (katoda & anoda) dan disusu serapat mungkin, kira kira 1 mm ato mungkin 0.5 mm antara katoda dengan anoda. saya sendiri belum pernah mencoba tanpa katalis karena terlalu lama produksi gas nya. atau volt nya yang di naikkan. selamat mencoba, kalau ada hasil, share juga, karena saya juga ingin tahu :)

  31. mas kiwil, kalo pake coil standard ato pun koil racing, saya belum pernah mencoba :)
    kalau ada hasil yang bagus boleh tuh di share :) hehehe.

    # air cleo ? air mineral dunk ? sebenarnya keruh tiak apa apa, biasanya karena Na yang terlarut terlepas, jadi tinggal di saring saja dan air digunakan lagi, kalau ingin bening pakai saja KOH :)

  32. g ada koil standar dirumah mau dicoba buat naikin volt tapi ngeri juga krn. volt keluaran dari koil kan bisa 1000x lipet.. kyknya kaga berani coba gw.. :(

  33. sebenarnya air cleo tidak mengandung mineral kok. hanya kaya akan O2. shg diklaim mampu menyehatkan tubuh krn O2 pd dsrnya dibutuhkan oleh tubuh. krn kadar O2 yg mudah terlepas tsb maka baik sekali jika digunakan utk membuat hho. mungkin itu istilah sederhananya kali ya. :D

  34. oya info saja, hyundai verna saya skrg 1:12, dari yg semula 1:8. ternyata jika mesin menggunakan teknologi EFI or electronic fuel injection or tanpa karburator, hho yg dihasilkan haruslah kuat. saya menggunakan 4 botol minuman yg tahan panas seharga 10rb rupiah perbotolnya. masing2 botol mendapat tegangan kurang lebih 6 volt. dgn cara membagi tegangan 12 v masing2 utk 2 botol. 6+6 diparalel dgn 6+6 sisanya. demikian sharenya moga2 bermanfaat. oya pk cleo + baking soda. cell terbuat dari penggaris stainless.

  35. penggarisnya 60 cm x 2biji dipotong2 masing2 7,5 cm. kmd dirakit menjadi cell dgn kutub positif negatif positif negatif. jarak antar plat 4 mm. thx

  36. setelah fuel cell, alirkan dulu ke water trap (tabung tinggi yang agak lumayan dan di pisah dengan bahan yg anti slosh) sehingga sedotan intake (apabila HHO di connect di intake) atau hembusan pressure dari fuel cell (apabila HHO di connect di air intake line sebelum carburator) akan berisi hanya HHO saja.
    pada kebanyakan fuel cell yg di connect pada intake manifold, water bisa sering tersedot masuk, oleh karena itu biasanya praktisi HHO memasang lubang breathing pada fuel cell atau pada tabung water trap.
    kalau pemasangan HHO pada jalur udara sebelum carbu, hal ini tidak akan terjadi :)

  37. tip sederhana membuat water trap, saya menggunakan botol saos kecap yg pendek. saya balik posisinya, tutup ada dibawah bodi ada diatas. saya kasih 2 lubang pada dasar botol (posisi bodi diatas) satu dari hho diberi selang sampai kurang lebih 2 cm diatas tutup botol (jd dasarnya). satunya lagi utk output ke intake mesin, tdk perlu selang. selang hanya utk output ke intake. fungsi tutup botol yaitu utk pembuangan air yg terjebak. bisa jg ujung tutup saos dibuka utk membuang airnya, setelah itu tutup kembali.

  38. saya menggunakan 2 buah L selang akuarium utk input dan output yg dipasang di dasar botol (ingat, dasar botol jd bagian atas sedang tutupnya jd bagian bawah) cara ini sgt efektif menjebak air atau uap air yg tersedot oleh hisapan mesin.

  39. sebenarnya gak perlu pake pwm kalo merasa repot.cukup gunakan lampu sebagai pembatas arus seperti rumus daya daya=arusxtegangan.aki mempunayi daya 12 volt,jadi kalo mo dapet arus 5 ampere cukup pake lampu 60 watt.coba search diblog mas surya disitu banyak info berguna dan GRATIS….

  40. pada dasarnya PWM cukup efektif digunakan utk menghasilkan gas HHO, tapi pembuatannya cukup merepotkan juga. prinsip kerja sederhana dari PWM yaitu, mengolah atau menggetarkan air murni shg antara H2 dan O2 dapat terpisah walaupun itu tanpa katalisator dan penggunaan ampere nya pun tergolong kecil sekali. PWM paling sederhana bisa dibuat dengan menggunakan ic timer 555 dibuat menjadi multivibrator alias bisa bergetar terus. atau istilah teknik getarnya yaitu outputnya nol satu nol satu (naik turun naik turun) bingung sendiri deh ngejelasinnya. hehehe…pokoknya gitu deh….selamat berkarya…

    • dengan PWM, pure water/demin water tanpa katalis, akan sangat susah untuk menghasilkan HHO dikarenakan loncatan electron dari dua kutub yang berbeda akan sangat berat,… jadi, meski pake PWM, tetap dibutuhkan katalis (KOH, NaOH de el el).

  41. setau gw fungsi katalis itu kalo di preses kimia adalah sebagai pemercepat reaksi kimia dalam hal ini dalah H2O menjadi 2H+ dan o-.biasanya tanpa ada katalis proses itu akan memakan waktu lama.jadi gw sendiri kurang percaya kalo melepas H2 dan O tanpa adanya katalis kaya yang gembar-gembor jualan produk itu.

  42. saat ini, Saya sedang membuat proyek HHO. Tapi sejujurnya saya SANGAT TIDAK YAKIN AKAN BERHASIL MEMBUAT IRIT KONSUMSI BAHAN BAKAR. Cukup membuat saya tidak semangat untuk melanjutkan. :-S Kenapa??

    mari kita kembali ke pelajaran SMA, fisika!
    “Kita tidak mungkin mengkonversi energi dari satu bentuk ke bentuk energi lainnya sampai 100%”

    1. ok, sekarang misal saya punya energi 100 joule.
    2. Hanya 80 Joule yg dapat dipakai untuk mengkonversi H20 monjadi H2 + (1/2)O2. angka 80 Joule *sudah cukup efisien*. sisanya terbuang menjadi panas dan energi lain.
    3. sekarang kita memiliki H2 dan O2. kita masukan ke ruang bakar. dan menghasilkan Energi kinetik 50 Joule. *skali lagi sudah cukup efisien*, Energi kinetik ini dipakai untuk menggerakan mesin. sisanya terbuang menjadi panas, getaran dsb.
    4. Sebagian energi kinetik dikonversi menjadi energi listrik 25 Joule untuk loop berikutnya.
    5. Sedangkan kita memerlukan 100 Joule untuk 1x rotasi, kita memiliki 25 Joule, dari mana sisa 75 Joule lagi?

    Jadi kita harus mensubsidi 75 Joule setiap 1x rotasi. Darimana subsidi itu? jawabnya dari ACCU. selanjutnya energi potensial ACCU berkurang 75 Joule, dan harus di refill lagi, yang otomatis membebani alternator.

    Kesimpulannya. HHO TIDAK MEMBUAT EFISIENSI MESIN MENINGKAT JUSTRU SEBALIKNYA.

    Sebab Energi untuk memecah H20 –> H2 + (1/2)O2 lebih besar dari energi energi yang dihasilkan dari pembakaran H2. H2+(1/2)O2–>H20.

    ada yang bisa membantah argumen saya??

  43. Mas Eko, energi yang di hasilkan dari pembakaran HHO dengan energi yg dibutuhkan untuk menghasilkan HHO emang tidak imbang, tentunya lebih banyak energi yang dibutuhkan dalam proses menghasilkan HHO, karena energinya ada yg terbuang menjadi energi panas dll. HHO dalam hal ini digunakan untuk penyempurnaan pembahkaran, dengan teremulsinya HHO ke bensin/ solar maka bahan bakar tersebut bisa habis terbakar sehingga gas yang di hasilkan tentunya lebih banyak dari ukuran volume

    mohon maaf sebelumnya kalau salah,,

  44. good mas eko,,,,
    kita diskusi,,,,
    pertama anda berbicara soal efesiensi tpi bagaimana soal kesehatan…
    carbon monoksida dapat terbakar sempurna sehingga menambahkan power,,,
    kedua kenapa ada pendingin di mesin agar tidak terjadi knoking (pembakaran yang tidak diinginkan) butuh oktan tinggi dan respon kimia hho oktan sekitar130 dan respon kimia lebih cepat sehingga memancing bensin terbkar tepat waktu http://moel-94.net/index.php/otomotif/20-memilih-bahan-bakar
    ketiga seberapa efesienkah kita berkendara jika alternator ga mau di bebanin,,,apalagi jakarta tarik kopling terus,,,(klo ga mau rusak ga usah dipake aja tuh kendaraan)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s