Water Injection di Motor Smash

Setelah mencoba pasang water injection di beberapa mobil dan bisa merasakan secara instant perubahan yang terjadi pada kendaraan kita, akhirnya saya ingin juga mencoba pasang water injection di motor smash milik saya, hehehe.

Pertama kali pasang, mesin mati terus, benar-benar beda karakter nya dengan mesin mobil, mungkin karena cc motor jauh lebih kecil di banding dengan cc mobil. Pada akhirnya komposisi yang tepat dapat juga di raih, motor yang sebelumnya bisa idle dengan rata dan bagus, setelah di pasang water injection (wai) idle nya menjadi tidak rata, kadang tinggi kadang rendah, seperti motor yang kiprok nya sedang bermasalah😀

Hasil pengetest-an sungguh menyenangkan, pada saat suzuki smash yang masih standard, di gigi level 3 tidak pernah bisa mencapai angka 100 km/jam kalau pun bisa pastilah butuh track yang sangat panjang, pada saat test saya lakukan, smash running pada gigi level 3 dan mencapai kecepatan 100 km/jam dengan cepat (kira kira butuh jarak 200 – 300 m saja).  Untuk pemakaian bahan bakar, mestinya lebih irit dari sebelumnya, saya belum test😀

Berikut foto – foto pemasangan wa-i di suzuki smash milik saya :

WATER INJECTION ON SUZUKI SMASH

WATER INJECTION ON SUZUKI SMASH

Foto penempatan water storage :

WATER STORAGE

WATER STORAGE

Foto water inlet :

WATER INLET

WATER INLET

33 thoughts on “Water Injection di Motor Smash

  1. alo kk, saya udah pasang di suprafit. ni fotonya willykk.blogspot.com🙂
    1. itu ada cabang T buat apa ya ? yg dari 1-way filter kan air lalu sebelahnya ? klo sy ga pake 1-way filter & cabang T jadi dari water storage langsung ke intake pake jarum suntik+filter roko

  2. di tigi ato di thunder ok, bisa, kalo di thunder, suzuki sudah menyediakan port nya, tinggal diberi Tee, kalau di tigi lama harus nge bor, tapi tigi yang baru port juga sudah di sediakan.

  3. dibutuhkan kemauan mau memasang😀
    alat yang dibutuhkan :
    1. selang kecil diameter sekitar 3 – 5 mm
    2. non return valve 2 pcs
    3. kran air 1 pc
    4. water storage 1 pc
    5. holder untuk water storage 1 pc
    6. filter water 1 pc
    7. tee untuk tapping saluran 1 pc
    8. lem acrilic, ato sejenisnya.
    9. 1 botol air demin (air accu yang tawar)

  4. Saya coba ingat2, kalau kurang & tidak ada photonya, maklum yak🙂
    1. buka fearing smash (sebelah kanan saja sudah cukup.
    2. setelah fearing terbuka, lihat di bawah tank bensin, ada selenoid breathing (1 selang input dari tank, 1 discharge selang ke carburator unt. supply bensin & 1 input selang unt. sirkulasi dari leher angsa kembali ke carburator melewati selenoid breathing).
    3. lepas selang sirkulasi dari leher angsa, pasang NRV=non return valve pada ujung nya dan ujung satunya pasang selang lagi, ujung y baru ini di teruskan ke langkah “4” berikut,
    4. pasang TEE pada selang tersebut.
    5. 2 port yg kosong dari TEE tersebut di pasang (1. pasang selang daari TEE ke leher angsa & 1 lagi pasang selang ke water injection system * kita sebut titik ini sebagai “Y spot” *).
    6. pasang water storage terserah dimana saja yg disukai.
    7. pasang selang masuk ke water storage.
    8. selang yg keluar dari water storage di sambung dengan filter air.
    9. dari filter air pasang selang lagi dan ujung nya di pasang kran air.
    10. dari kran air dipasang selang, ujung nya di pasangi NRV=non return valve.
    11. pasang selang dari NRV ke “Y spot”.
    12. setelah semua terpasang, isi air pd water storage kemudian tutup kran air, nyalakan motor dan lakukan adjustment yang tepat untuk tiap karakter mesin.

    demikian semoga bermanfaat.

  5. KA,,,, bleh diajarin,motor aku smash NR kan dia punx pair,gimanatuh cara pasankX,apa mesti aku sumbat pairx and buat apa selankx di kasi bercabank di bagian selank pegisapanx

  6. kasih skema donk bos,ntar ada yang salah ngaplikasi malah air bisa masuk blok akibatnya fatal water hamer malah.ilmu yang bermanfaat menjadi pahala.

  7. assalam,saya mw diskusi mas seputar WI pd pemasangan di motor Suzuki satria,kira2 pemasangan water tank ada pengaruhnya ga terhadap performa mesinnya mas?tolong di share ke alamat : emailbaruqu@rocketmail.com saya lg penelitian tugas akhir mengenai water injection pada motor FU….saya tunggu balesannya mas…
    thx banyak yach….(indahnya berbagi)😀

  8. gan, motor ane astrea grand,, ane,, meh,, pasang,, WA-I tp kand motor ane, g ad facum ad ven nya,, terus bisa,, gag gan,,,? mohon,, bantuannya,, trimakasih,, lo gag,, tplong,, jawaban nya,, kirim sms,, k no ku,, 085641385873🙂

Leave a Reply

