Brown Gas – HHO Project

Brown gas, atau si api coklat adalah betukkan dari hydrogen yang di bakar, kegunaan dari brown gas ini sangatlah luas, tergantung dari bagaimana kita mengapplikasikan.

Dibandingkan dengan hydrogen cair (yang memerlukan penanganan secara khusus dengan pressurize tank), aplikasi dari brown gas lebih aman dan mudah dikendalikan karena, tidak memerlukan casing/tempat yang tahan terhadap pressure tinggi ini karena aplikasi brown gas hanya memerlukan atmosferic pressure (hydrogen on demand).

Menyimpan energi hidrogen pada air (water) sebenarnya lebih mampat, lebih efisien & lebih aman dibanding menyimpan hidrogen cair bertekanan/dimampatkan pada sebuah tank pressurizer.

Dari kenyataan diatas, maka banyak orang yang telah mengaplikasikan fuel cell brown gas ini, proses ya adalah dengan melakukan “elektrolisa”  untuk merubah electrolyte menjadi hydrogen + oxygen, proses tepatnya adalah sebagai berikut :

KOH + H2O + Power = H+ (+) H+ (+) H+ (+) K+ (+) O– (+) O–

Fuel cell HHO seperti diatas lah yang sedang saya ingin buat kemudian di pasang pada mobil tua saya yang sekarang telah mengadopsi “water injection” juga. Supaya bener-bener irit! karena tanpa itu semua, sebenarnya kita hanya memakai/menggunakan bensin yang kita bayar untuk menggerakan mobil kita sebesar 30% saja, sisanya terbuang menjadi panas & vibrasi, sayang kan ?

####

Here is a model race car that runs on hydrogen produced by a small solar cell. The car uses a real fuel cell and its own on-board hydrogen storage system. To create free hydrogen fuel, you just add water to the stations tank. Fueling is animated by a special blue light display. The car will operate for about 4 minutes on a full hydrogen tank.

####

Berikut Links go2alam HHO Projects, :

6 thoughts on “Brown Gas – HHO Project

  1. Pingback: Pom Bensin HHO « go2alam, share activity!

  2. 🙂 hho car pure, masih berbentuk mainan🙂
    entah kalau mereka yang pegang teknologi telah mengapplikasikanya secara riil😀 ataukah belom, we do not know yet….

  3. Hidup HHO. saya sangat setuju dengan pengembangan HHO ini. sangat keren bos. Terus kembangkan. Saya juga terus ber experimen. klo saya pengen yang di gunakan murni air, bukan menggunakan katalis, karena klo menggunakan katalis menghasilkan gas tambahan yang ber efek buruk. contohnya KOH klo asapnya kena mata bisa perih. Hidup HHO…

  4. alo kk, akhirnya proyek hho mini gw stop dulu.. karena msh bermasalah kit buatan gw. sedotan intake terlalu kuat akhirnya air malah masuk deras ke mesin untuk mesin langsung g matiin en gpp..

    bingung gw gimana cara biar sedotan intake yg kuat itu ga bikin air masuk..

    sebelumnya pake jarum suntik tapi krn. berkarat en ada sambungan celah jadi sekarang pake selang utuh..

  5. 🙂
    jika sedotan intake terlalu kuat, maka tapping jalur HHO yang terbaik adalah di jalur udara setelah filter (sekitar 0.5 – 1 cm) dari mulut carburator.
    efek irit akan tetap terasa karena pembakaran dengan hadirnya OH- tetap memberikan daya ledak yg jauh lebih besar dari tanpa OH-, dan yang paling penting, sedotan jadi kecil, fuelcell juga tidak perlu diberi breathing karena gas akan keluar melalui outlet sesuai dengan volume pressure yang terjadi, begitu dia keluar, mulut carburator akan segera menghisapnya🙂 *itu yang saya lakukan*
    nah, untuk sekedar tips, bila willy pakai soda kue, perhatikan setelah pemakaian beberapa waktu, pasti akan terjadi endapan warna coklat, sepertinya karena Na, biarkan dia mengendap, lalu ambil air yang bening (jangan dibuang) kemudian air yg bercampur dengan endapan Na dibuang. lalu, air bekasnya yang bening tadi masukkan lagi ke fuelcell trus ditambah demin water, lakukan 2 – 3 x operasi seperti ini, dijamin ampere akan menjadi rendah dan produksi HHO nya jadi bagus🙂 *ini juga setelah saya lakukan beberapa percobaan*🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s